5

OPTIMALISASI DISEMINASI INFORMASI METEOROLOGI MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI FLIGHT DOCUMENTATION ONLINE (SIFON)

RUDI HARIANTO

Penerbit : BMKG Pusat
Tahun : 2017

Satuan Kerja Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang ada di Propinsi Lampung adalah Stasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II Bandar Lampung, yang telah berdiri sejak tahun 1963. Salah satu tugas pokoknya yaitu memberikan informasi meteorologi untuk penerbangan di Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, yaitu memberikan informasi Flight Documentation.Flight Documentation adalah dokumen dalam bentuk grafik atau gambar yang berisi informasi meteorology penerbangan.Tujuan dari pembuatan Flight Documentation ini untuk menunjang keselamatan penerbangan.Diseminasi Flight Documentation ini bisa diambil langsung atau menggunakan media lainnya yaitu e-mail atau akses ke laman website BMKG.Dalam pengambilannya bisa dilakukan oleh Pilot in command atau Flight Operation Officer (FOO). BMKG sudah mempunyai undang-undang republik indonesia nomor 31 tahun 2009 tentang meteorologi, klimatologi, dan geofisika yang mana terdapat pasal sanksi dan pidana yang berat ke petugas BMKG apabila petugas tersebut tidak bias menyediakan informasi meteorologi yang dibutuhkan oleh penerbangan.Untuk menyamakan pembuatan isi informasi meteorologi penerbangan khususnya Flight Documentation diseluruh Indonesia Kepala BMKG sudah mengeluarkan PERKA BMKG no 5 Tahun 2015 tentang tata cara tetap pelaksanaan Flight Documentation dan SOP nya. Kondisi sekarang ini proses deseminasi informasi Flight DocumentationStasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II Bandar Lampung hanya dilakukan dilakukan menggunakan system pengambilan langsung yang mana Pilot in command atau Flight Operation Officer (FOO) datang langsung ke kantor Stasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II Bandar Lampung. Karena belum mempunyai ruang pelayanan maka pemberian informasi di lakukan di ruangan operasional Forecaster.sehingga menyebabkan ketidaknyamanan Pilot in command atau Flight Operation Officer (FOO) maupun petugas Forecaster.Terkadang dalam proses pengambilan juga tidak mengisi logbook karena buru-buru.masalah sarana prasarana seperti printer,kertas dan internet juga menyebabkan diseminasi informasi Flight Document ini kurang maksimal.ketika hari sabtu atau minggu printer mengalami kerusakan atau tinta habis dan juga kertas habis terpaksa flight document tidak bias terdiseminasikan karena harus menunggu hari senin untuk proses maintenance. Informasi Flight Document yang sudah dibuat dan dicetak jarang diambil sehingga terkadang forecaster yang bertugas tidak membuat Flight Document ini .Tetapi sebaliknya ada kondisi pada saat flight document tidak dibuat oleh Forecaster, FOO datang untuk mengambil flight document sehingga terjadi kondisi yang menimbulkan ketidak percayaan FOO kepada kantor Stasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II Bandar Lampung karena tidak bisa menyediakan informasi Flight Document yang mereka butuhkan.Kendala lain,terkadang pengambilan Flight Document tidak di ambil oleh Pilot in command atau Flight Operation Officer (FOO) tetapi oleh karyawan maskapai ( sopir,OB ) yang tidak berkompeten di bidang itu. Di Stasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II Bandar Lampung keberadaan teknologi tidak dapat diragukan lagi, semua pekerjaan yang dilakukan saling berhubungan dengan teknologi terutama komputer dan internet yang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam membantu serta menyelesaikan pekerjaan sekaligus sebagai dokumen instansi. Guna mengatasi masalah terkait pelayanan informasi flight documentation dan pemanfaatan teknologi informasi yang ada, maka dibuatlah sebuah aplikasi sistem informasi Flight Documentation Online (SIFON) berbasis web dan android, diharapkan dengan kegiatan ini bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan diseminasi informasi meteorologi penerbangan khusunya Flight Documentation di Stasiun Meteorologi Kelas 1 Radin Inten II BandarLampung.

Buku Terbitan Pusat

  • No Scan
    174
  • No Klasifikasi
    351.15
  • ISBN
  • ISSN
  • No Registrasi
    051L052018
  • Lokasi Terbit
  • Jumlah Hal
    196
  • Label
    351.15 Har O
  • Versi Digital
    TIDAK
  • Versi Fisik
    TIDAK
  • Lokasi Rak Buku Fisik
    //
  • Jumlah Exemplar Fisik Tersedia
    -
barcode