5

PENINGKATAN LAYANAN INFORMASI GEMPABUMI DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI BBMKG WILAYAH II (TEWS) KE STAKEHOLDER MELALUI PENGUATAN OPERASIONAL DAN DISEMINASI INFORMASI GEMPABUMI DAN TSUNAMI

S U T I Y O N O S.Si

Penerbit : BMKG Pusat
Tahun : 2017

Rencana Induk penyelengara Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika tahun2017 - 2041 ( 25 tahun). Sesuai dengan pasal 1 ayat 4 menekankan adanyapengembangan dan peningkatan penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi danGeofisika pada unsur: Pengamatan, Pengelolaan data, Pelayanan, Penelitian,Rekayasa dan Pengembangan serta kerjasama Internasional. Sejalan denganrencana Induk BMKG tersebut didalam strategis BMKG di bidang Geofisika adalah meningkatnya kepuasan pengguna informasi gempabumi, Tsunami, Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu untuk mendukung perencanaan pembangunan nasional dan pengelolaan bencana. Salah satu dari Rencana strategis BBMKG Wilayah II adalah meningkatnya kecepatan, keakuratan dan jangkauan diseminasi informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami kepada pengguna atau masyarakat yang cepat, tepat, akurat dan mudah dipahami. Bidang data dan informasi BBMKG Wilayah II mempunyai tugas melakukan riset, pengolahan, analisa dan diseminasi informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami. Bentuk-bentuk layanan informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami yang dilakukan BBMKG wilayah II berupa parameter gempabumi (epicenter, magnitude, kedalaman, origin time, lokasi), shakemap, peta guncangan,pamflet-pamflet peringatan dini Tsunami, buku/bulletin dll. Pada pelaksanaan tugas pokok bidang data dan informasi BBMKG Wilayah II terdapat - beberapa hambatan dan tantangan, yaitu : Kondisi saat ini, SDM operasional TEWS BBMKG Wilayah II sudah lama tidak mendapatkan pemahaman atau update terkait dengan pengolahan dan analisa gempabumi dan tsunami sehingga belum memiliki standar yang baku dalam memperoleh parameter gempabumi yang diinginklan. Serta waktu yang lama untuk memperoleh parameter yang siap untuk didiseminasikan ke stakeholder atau interface. Belum optimalnya SDM dan kompetensinya, tentunya akan menurunkan indeks kepuasan pelanggan (IKP) terhadap informasi yang kita berikan, disamping itu belum adanya update SOP-SOP operasional dan diseminasi maupun membuat SOP baru yang mendorong kelancaran operasional dan diseminasi di TEWS BBMKG Wilayah II. Sarana dan prasarana yang tidak stabil, Seiscomp3 perlu di-update karena masih menggunakan versi lama, untuk kelengkapan operasional perlu diinstal sistem Jisview sehingga mempermudah petugas dalam mengambil keputusan. Dari hasil analisis gap.methode swot dan methode USG untuk menentukan isu strategis dari 3 variable didapat isu strategis yaitu Penguatan operasional dan diseminasi informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami (TEWS ) BBMKG Wilayah II ke stakeholder. Kondisi yang diharapkan sesuai dengan rencana strategis BBMKG Wilayah II yaitu meningkatnya kecepatan, keakuratan, ketepatan dan memperluas jangkauan diseminasi informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami ke pengguna atau masyarakat yang mudah dipahami atau dikenal dengan pelayanan prima. Untuk mencapai pelayanan prima tadi, kita perlu pembenahan baik di sisi SDM dengan cara : • Mengadakan workshop atau bimtek secara periodik terkait Analisa dan pengolahan gempabumi dan tsunami

Buku Terbitan Pusat

  • No Scan
    145
  • No Klasifikasi
    351.15
  • ISBN
  • ISSN
  • No Registrasi
    007L052018
  • Lokasi Terbit
  • Jumlah Hal
    230
  • Label
    351.15 sut p
  • Versi Digital
    TIDAK
  • Versi Fisik
    TIDAK
  • Lokasi Rak Buku Fisik
    //
  • Jumlah Exemplar Fisik Tersedia
    -
barcode