Pelayanan jasa klimatologi di Stasiun Klimatologi harus dapat menjangkaumasyarakat luas termasuk masyarakat di luar provinsi Nusa Tenggara Timur. Dewasaini kebutuhan akan jasa klimatologi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Data iklimdan informasi iklim sangat dibutuhkan oleh pengguna jasa dalam menyusunperencanaan kegiatan operasional sektoral. Layanan jasa klimatologi yang cepat,akurat dan mudah dipahami akan sangat membantu pengguna jasa menggapaikeberhasilan. Bentuk layanan jasa klimatologi di Stasiun Klimatologi Kupang, antaralain layanan data iklim yang secara insidentil diberikan sesuai permintaan penggunajasa dan informasi iklim yang secara rutin didesiminasikan secara berkala, sepertiberupa buku/ buletin evaluasi dan prakiraan yang rutin diterbitkan setiap bulan, buku prakiraan awal musim kemarau/ hujan yang diterbitkan tiap 6 (enam) bulan, Peringatan dini kekeringan yang dibuat setiap 10 (sepuluh) hari sekali.Berdasarkan kenyataan yang ada di Stasiun Klimatologi Kupang saat ini,terpantau bahwa layanan data iklim kepada pengguna jasa sering mengalamiketerlambatan dari waktu standar pelayanan minimal (SPM) yang ada, atau dengan kata lain pengguna jasa harus menunggu lebih lama lagi karena ketersediaan data dalam sistem database stasiun belum tertata secara baik. Disamping itu penggun jasa yang membutuhkan data iklim tetapi berada di luar Kota Kupang mengalami kendala karena harus mengeluarkan biaya dan waktu untuk datang sendiri ke Kupang guna memperoleh data iklim tersebut, sehingga kondisi ini dipandang tidak efisien.
5
PENINGKATAN LAYANAN JASA KLIMATOLOGI YANG CEPAT DAN EFISIEN DI STASIUN KLIMATOLOGI KUPANG MELALUI OPTIMALISASI SISTEM PELAYANAN TERPADU (SIPADU)
APOLINARIS SAMSUDIN GERU, SP, MSi
Penerbit :
BMKG Pusat
Tahun :
2017
Buku Terbitan Pusat
-
No Scan144
-
No Klasifikasi351.1
-
ISBN
-
ISSN
-
No Registrasi006L052018
-
Lokasi Terbit
-
Jumlah Hal145
-
Label351.1 Ger p
-
Versi DigitalTIDAK
-
Versi FisikTIDAK
-
Lokasi Rak Buku Fisik//
-
Jumlah Exemplar Fisik Tersedia-